Kamis, 19 Agustus 2010

Sejarah Hotel Dan Peranan Hotel Dalam Dunia Pariwisata

kata hotel mulai digunakan semenjak abad_18 di London Inggris.sebagai Hotel  Garni yaitusebagai rumah besar yang di lengkapi dengan sarana tempat menginap/tempat tinggal untuk penyewaan secara harian,minguan atau bulanan.kata hotel sendiri merupakan perkembangan dari bahasa perancis yaitu Hostel diambil dari bahasa latin Hospes,dan mulai di perkenalkan pada masyarakat umum pada tahun 1797.
Ball Room eastern end oreintal,penang
sebelum istilah hotel di gunakan di Inggris,rumah-rumah penginapan bagi orang-orang berpergian disebut Inn.Dalam terminologi (istilah) resmi tidak ada perbedaan dalam definisi antara hotel dan inn.
Sekarang ini,hotel dapat di artikan sebagai suatu bentuk akomodasi yang di kelola secara komersial,dimuliakan bagi setiap orang yang ingain mendapatkan pelayanan yang istimewa,baik itu pelayanan penginapan,makan dan minum.(S.KMentri Perhubungan no:PM/PW.301/PHB.77).
salah satu hotel bersejarah di penang



Dunia hotel dengan keunikannya,sering di juluki sebagai " Kota di dalam Kota"sesuatu yang menunjukkanbahwa kegiatan,pengelolaan,serta hubungan antara manusia dalam sebuah hotel sudah sedemikian beraneka ragam,rumit,menyenangkan,gemerlapan dimana hampir setiap saat terjadi hidup yang bermacam-macam karena kebanyakan hotel terbuka bagi kepentingan umum selama 24 jam sehari.7 hari alam semingu  dan sepanjang tahun.
sultan abdul samad building
Di kota-kota besar hotel juga sering di sebut sebagai "jantung kegiatan masyarakat  kota"karena di hotel sering di lakukan pertemuan-pertemuan antara organisasi-organisasi frofesi,niaga,maupun pemerintahan,perjamuan-perjamuan perseorangan,pernikahan-pernikahan,resepsi-resepsi yang resmi maupun tidak resmitingkat lokal,nasional,maupun internasional.
Hotel adalah jenis usaha penjualan jasa pelayanan pelayanan atau service,sehingga peranan karyawan,dalam hal kepribadiannya ,pembawaannya,serta penampilannya akan terpengaruh sekali di dalam memberikan pelayanan disamping keterampilannya .Dunia perhotelan identik dengan dunia pariwisata,yang tak lain karna aa kterkaitan yang sangat erat.di antara keduanya.Keduanya saling menunjang eksistensislah satunya akan menentukan kelangsungan kegiatan dengan yang lainnya.
gedung sate yang atapnya terbuat dari tusuk sate yang merupakan suatu bangunan instansi kepariwisataan
Industri pariwisata telah di akui sebagai yang paling penting,dan menguntungkan,terutama di tinjaw daru dari sudut perekonomian yang banyak mengasilkan devisa bagi negara.Di Indonesia sendiri,sektor kepariwisataan,sudah termasuk dalam Garis -Garis Besar Haluan Negara(GBHN).sebagai bagian integral dari pembangunan nasianal.
Pariwisata mampu menunjang pembangunan negara karena:
  1. membantu menciptakan sekaligus menambah lapangan kerja,termasuk jasa hotel,angkutan,industri sandang pangan,pertanian,hiburan,cendramata,dll
  2. membantu perkembangan indutri-industri kecil seperti objek wisata,restoran,tempat hiburan,dan objek-objek lainnya.
  3. pariwisata memungkinkan terjaganya kelestarian alam serta kebudayaan.
  4. menumbulkan rasa sling mengenal serta  arga-mengargai antar bangsa,sehingga dapat mempererat hubungan antar manusia yang cinta damai.
objek wisata BOROBUDUR
salah satu budaya indonesia dari bali
salah satu restoran di indonesia
dengan demikian jelaslah sudah,peranan hotel terhadap industri pariwisata.semoga nda dapat memahami maksud dan tujuan dari semua ini.wassalamualaikum warah mtullahi wabarakatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar